Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil - Kehamilan adalah saat-saat yang paling dinantikan oleh sebuah keluarga, apalagi kehamilan anak pertama. Jadi bagi anda yang sedang dalam kehamilan pertama perlu memperhatikan banyak aspek, mulai dari gizi, multivitamin, bahkan hingga membatasi makanan-makanan yang dianggap berbahaya bagi janin.

Pada dasarnya makanan-makanan tidak ada yang berbahaya bagi kehamilan. Namun, perlu diketahui bahwa jika anda mengkonsumsinya terlalu banyak, maka akan bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan anda. Oleh karena itu, makanan-makanan tersebut harus di control dalam asupannya.

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil Untuk Menjaga Janin

Pentingnya urusan makanan ini bagi kandungan, hingga harus dibahas dengan benar. Karena jika salah memberikan informasi maka akan merugikan orang lain. Untuk menjaga kandungan anda tetap dalam kondisi yang sehat, anda perlu melakukan berbagai Tindakan. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan yang anda makan. Dengan berpedoman pada daftar makanan sehat untuk ibu hamil.

Kenapa sangat penting menjaga asupan makanan, karena nutrisi dari makanan yang anda makan akan langsung di transfer kepada Janin di ruang rahim melalui system saraf. Makanan yang ibu makan akan berdampak langsung kepada janin dalam kandungan. Maka berhati-hatilah.

Dalam artikel ini, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang umum kita temui dalam rumah kita. Karena itu penting bagi kami untuk menginformasikannya. Sehingga anda tidak salah Langkah dalam bertindak. Berikut informasi jenis-jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Ikan, Makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Pasti anda akan terkejut jika kami menyebutkan ikan adalah salah satu makanan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Padahal ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk Kesehatan dan janin. Tenang saja, tidak semua ikan yang dilarang untuk dikonsums, ada beberapa jenis ikan yang harus dibatasi untuk dikonsumsi karena terkait dengan racun yang dikandungnya.

Jenis ikan yang kami maksud disini adalah ikan laut, terutama yang mengandung banyak zat mercury. Karena seperti yang kita ketahui, mercury adalah kandungan yang sangat berbahaya bagi tubuh. Anda dapat mengkonsumsi ikan laut ini maksimal sebanyak dua kali dalam satu bulan. Oleh sebab berbahaya seperti itu maka ikan termasuk menjadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Namun, pasti kalian bertanya-tanya, bahwa bukankah ikan laut sangat bagus untuk perkembangan janin karena mengandung banyak omega-3. Lalu kenapa harus dibatasi, kandungan merkuri dalam ikan laut terbilang cukup tinggi, karena itu sebisa mungkin untuk anda hindari, seperti ikan mackerel, tuna dan sarden. Jika anda ingin mengkonsumsi omega-3, kami sarankan untuk membeli suplemen makanan omega-3.

Jika anda tetap ingin mengkonsumsi ikan, sebaiknya cobalah untuk mengkonsumsi ikan air tawar, ini jauh lebih sehat dari pada ikan laut. Perlu Ibu ingat, zat mercury itu dapat menyebabkan kecacatan fisik pada janin. Janin anda bisa saja menjadi kekurangan berat badan dan kelainan pada pertumbuhan otak. Jadi sebaiknya berusahalah untuk menjauhi ikan laut selama masa kehamilan anda.

Makanan mentah atau setengah matang yang tidak boleh dimakan ibu hamil

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Makanan mentah sangat tidak bagus dan berbahaya untuk janin anda. Jadi bagi anda pecinta makanan mentah misalnya sushi dan sashimi sebisa mungkin anda batasi, bahkan cobalah untuk menghindarinya. Makanan mentah bisa saja terkontaminasi oleh parasit atau beberapa jenis bakteri.

Contoh lain adalah sebisa mungkin juga anda menghindari jenis makanan daging steak. Karena biasanya daging steak dipanggang setengah matang. Karena daging steak yang setengah matang sangat rentan terkontaminasi dengan bakteri e-coly yang berbahaya bagi saluran cerna. Dan tentu saja akan berpengaruh terhadap perkembangan janin anda.

Telur setengah matang, makanan berbahaya bagi ibu hamil

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Telur yang masih mentah atau setengah matang tidak baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Jadi bagi anda yang sering konsumsi telur mentah dengan alasan menambah stamina atau vitalitas, sebaiknya hentikan sementara.

Telur mentah biasa terkontaminasi dengan bakteri e-coly dan beberapa parasite berbahaya. Oleh karena itu telur mentah menjadi salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Jika anda ingin mengkonsumsi telur sebaiknya direbus hingga matang atau digoreng hingga matang, pasti akan lebih enak dan sehat.

Kopi, minuman yang dilarang untuk ibu hamil  

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Meminum kopi telah menjadi kebiasaan masyarakat dunia saat ini. Namun tahukah kamu bahwa kopi merupakan salah satu bahan makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Menurut beberapa penelitian, konsumi kopi dapat menyebabkan resiko keguguran janin. Nah, bagi anda yang sedang program kehamilan atau tengah sedang hamil sebaiknya perhatikan masalah kopi ini dengan baik.

Kopi boleh saja anda konsumsi, namun harus dengan takaran yang tepat. Menurut para ahli gizi, Ibu yang sedang mengandung boleh mengkonsumsi kopi hingga batas maksimal 200 mgr sehari. Artinya adalah, anda hanya boleh meminum kopi sebanyak 2 cangkir kecil dalam waktu satu hari. Nah, jadi buat anda yang masih suka meminum kopi ini, mulai sekarang cobalah untuk dibatasi.

Sayuran mentah

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Sama halnya dengan ikan atau daging yang mentah, begitu juga dengan sayuran. Sebaiknya anda menghindari sayuran yang masih mentah. Karena dikhawatirkan sayuran-sayuran mentah tersebut mengandung pestisida. Dimana zat pestisida ini sangat berbahaya bagi janin dan Kesehatan si Ibu.

Masyarakat kita senang sekali mengkonsumsi lalapan, dimana sayuran lalapan ini semuanya biasanya masih mentah. Kita tidak mengetahui jika dalam sayuran terkandung parasite bahkan telur cacing yang sangat berbahaya bagi kandungan. 

Sebaiknya jika kalian ingin mengkonsumsi sayuran yang mentah, pilihlah sayuran yang menggunakan pupuk organic dan terbebas dari pupuk kimia. Namun perlu anda perhatikan, walaupun terhindar dari pestisida, anda tentu harus membersihkan hingga yakin bersih, bila perlu dengan sabun dan air mengalir.

Selain pestisida, resiko bakteri dan parasite juga sangat mungkin terjadi pada sayuran yang masih mentah. Jadi sebaiknya bersihkanlah sayuran-sayuran salad anda dengan cairan pembersih makanan dan antiseptic jika ingin mengkonsumsinya. Lebih baik jika anda memasaknya hingga matang, akan menurunkan resiko terkontaminasi oleh parasite.

Susu tanpa proses pasteurisasi

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi susu bagi ibu hamil sangat bagus untuk kebutuhan gizi janin dan si ibu. Namun ada satu jenis susu yang sangat berbahaya untuk anda konsumsi saat tengah mengandung. Susu yang kami maksud disini adalah susu yang tidak di pasteurisasi.

Susu yang tidak menjalani proses pasteurisasi dikhawatirkan masih menyimpan bakteri, kuman atau parasite yang berbahaya. Parasit dan bakteri ini sangat berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan janin.

Cobalah untuk mengkonsumsi susu yang telah dipasteurisasi jika anda ingin memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin saat masa kehamilan. Misalnya sebagai contoh, anda bisa konsumsi susu UHT yang banyak di jual di mini market atau supermarket.

Junk food atau makanan cepat saji 

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Sering kita temui diseluruh dunia restoran-restoran yang menyajikan makanan cepat saji, seperti burger, sandwich, dan mie instant. Perlu anda ketahui bahwa, kandungan gizi dari junk food tersebut sangat buruk. Makanan-makanan seperti ini mengandung gliserin yang sangat tinggi, sehingga sangat tidak baik bagi tubuh anda.

Kandungan gliserin dalam junk food dapat memicu tubuh terserang penyakit diabetes. Dimana akan menyebabkan tubuh anda menjadi melemah dan tidak sehat. Jika tubuh anda tidak sehat, maka kandungan anda juga akan mengalami hal yang sama.

Maka sebisa mungkin, jika anda ingin konsumsi junk food lebih baik pikirkan lagi matang-matang, karena bahaya yang dapat timbul darinya. Oleh karena itu junk food kami masukkan dalam daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Minuman beralkohol

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Minuman beralkohol sangat-sangat berbahaya bagi janin. Selain dapat menggugurkan janin, minuman ini juga akan merusak kesuburan sel telur anda. Maka dari itu, bagi anda yang pernah konsumsi alcohol, pasti akan kesusahan untuk hamil karena kesuburan sel telur sudah berkurang.

Alkohol dapat berdampak langsung terhadap janin yang berada dalam kandungan. Walaupun anda hanya meminumnya sedikit saja, itu sudah cukup untuk membuat anda mengalami resiko keguguran. Dalam agama islam-pun minuman beralkohol dilarang karena dapat memabukkan.

Oleh karena itu, bagi kalian yang dahulunya hobi meminum minuman beralkohol, mulai sekarang buang jauh-jauh sifat seperti itu. Anda tidak akan rugi jika menghindari minuman alcohol, selain tubuh anda akan lebih bugar dan sehat, anda juga mendapat banyak pahala.

Nah itulah sederet jenis-jenis minuman dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Sebaiknya anda perhatikan dengan seksama dan diskusikan dengan ahli gizi atau pasangan anda. Jangan lupa share artikel ini kepada kerabat dan rekan-rekan dekat anda agar info menarik ini menjadi lebih bermanfaat.

Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin anda tanyakan.

Posting Komentar untuk "Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui"