Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala Awal dan Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid yang Perlu Diketahui

ciri ciri hamil sebelum telat haid

Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid - Sebagian besar wanita yang melakukan program hamil tentunya memperhatikan masa haid, dimana bisa menjadi pertanda bahwa sedang hamil atau tidak. Namun sebenarnya ada ciri ciri hamil sebelum telat haid yang perlu diketahui, jadi tidak harus menunggu dan menghitung waktu haid terakhir untuk menentukannya. Haid yang juga dikenal dengan menstruasi memang bisa dijadikan patokan untuk menghitung masa kehamilan, namun bukan berarti harus menjadi cara satu-satunya.

Jika pada saat sel telur tidak dibuahi sperma dalam waktu tertentu, wanita akan mengalami masa haid (menstruasi). Hal tersebut timbul secara alami dengan rontoknya sel telur yang tidak dibuahi. Tujuannya, agar di lain waktu sel telur baru bisa tumbuh pada dinding rahim. Sebaliknya, jika sel telur berhasil dibuahi oleh sperma, maka kondisi tersebut menempel pada dinding rahim yang membuat wanita tidak mengalami masa menstruasi.

Proses tersebut yang menjadi patokan kebanyakan wanita dan dokter untuk menentukan hamil atau tidak. Sedangkan kita tidak tahu kapan pastinya sel telur dibuahi oleh sperma, jadi harus menunggu saat tiba masa haid berikutnya untuk menentukan kehamilan. Padahal ada tanda atau ciri lain yang bisa diketahui selain dari itu, bahkan bisa diketahui lebih cepat daripada menunggu periode haid berikutnya.

Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid

Hamil merupakan suatu kondisi dimana paling diidamkan banyak kamu hawa. Banyak wanita yang ingin mempunyai anak seperti halnya orang lain. Apalagi bagi pengantin baru yang memiliki cita-cita membentuk keluarga baru. Biasanya fokus dan perhatian mereka tertuju pada siklus haid yang biasanya terjadi dalam satu bulan sekali.

Survey yang dilakukan oleh American Pregnancy Association (APP) mendapatkan hasil lebih dari 70% wanita memiliki ciri ciri hamil sebelum telat haid. Maksudnya,  sebelum anda mengetahui dalam kondisi hamil pada saat itu, ada tanda lain yang timbul akibat berubahnya hormon, dan ‘benda asing’ yang ada dalam tubuh.

Bagaimana dengan tes kehamilan? Apakah memberikan hasil akurat? Iya memang, namun kebanyakan wanita melakukan tes kehamilan beberapa hari setelah mengetahui bahwa sedang mengalami keterlambatan masa menstruasi. Nah, untuk mengetahui ciri dan tanda hamil sebelum telat haid, berikut sudah kami rangkum beberapa yang bisa anda pelajari!

1. Kram

Kram merupakan kondisi dimana otot sedang mengalami kejang sementara. Beberapa orang pernah merasakan kram dalam kondisi dan bagian tubuh tertentu. Namun bagi wanita hamil, kram biasanya timbul mendadak pada perut dan punggung bagian bawah.

2. Peningkatan Suhu Tubuh

Gejala awal kehamilan pertama sebelum datang haid bisa dilihat dari peningkatan suhu basal tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh sedang meningkatkan produksi hormon progesteron selama masa kehamilan. Suhu basal biasanya timbul sebelum masa haid datang, setelah haid, suhu tubuh bisa kembali normal. Namun karena kondisi hamil, masa menstruasi tidak kunjung datang sehingga suhu tubuh terus meningkat dalam beberapa hari.

3. Perubahan Payudara

Pernahkah anda merasakan payudara nyeri, sakit jika ditekan dan terasa agak berat pada saat sebelum masa haid tiba? Hal tersebut juga merupakan tanda pasti hamil. Namun ada perbedaan yang harus diketahui, jika pada saat haid biasa, rasa nyeri DLL tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah menstruasi datang. Sedangkan pada wanita positif hamil, kondisi tersebut tidak kunjung membaik setelah beberapa hari telat masa haid.

4. Kelelahan

Bukan kelelahan karena aktivitas sehari-hari, namun rasanya tubuh selalu dalam kondisi lemah dan sering mengantuk. Produksi hormon progesteron yang meningkat membuat kondisi wanita hamil bisa mudah lelah. Ditambah lagi, pada saat hamil muda, kondisi tubuh sedang banyak-banyaknya memproduksi darah untuk pertumbuhan janin.

5. Perut Mual

Belum tiba masa menstruasi berikutnya namun perut sudah terasa mual? Bisa jadi anda sedang hamil. Mual biasanya pada awal masa kehamilan, sekitar 4 – 6 minggu pertama. Kondisi tersebut diakibatkan oleh produksi hormon estrogen dan progesteron. Perlu diketahui, mual yang terjadi pada masa kehamilan merupakan hal yang normal, sekitar 80% wanita hamil mengalaminya. Namun tingkat parah atau tidaknya tergantung dari masing-masing individu.

6. Ngidam

Dalam kondisi hamil;, wanita sering kali menolak atau menginginkan sesuatu dengan sangat. Artinya, keinginan tersebut seringkali tidak dapat dicegah. Apakah hal itu normal? Dilihat dari perubahan hormon tubuh, hal tersebut normal dan sering terjadi pada beberapa wanita hamil. Biasanya, indra penciuman lebih sensitif untuk menolak makanan atau bau tertentu.

7. Sering Buang Air Kecil

Dinding rahim yang cenderung membesar akan mendorong kandung kemih. Hal inilah yang menyebabkan kondisi wanita hamil sering buang air kecil, terutama pada malam hari atau cuaca dingin. Ada baiknya jika anda mengimbangi minum banyak air putih agar terhindar dari dehidrasi.

8. Suasana Hati tidak Menentu

Anda sedang mengalami suasana hati tak menentu sebelum datang masa menstruasi? Apakah anda sedang hamil saat itu? Bisa jadi, karena kebanyakan wanita hamil pasti mengalami perubahan suasana hati. Hal tersebut terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang mempengaruhi kinerja otak. Jadi jangan heran jika tiba-tiba anda suka marah karena hal sepele.

9. Merasa Pusing

Ciri ciri orang hamil muda sebelum telat haid berikutnya adalah merasa pusing dan mata berkunang-kunang. Kondisi ini baisanya terjadi bersamaan dengan mual dan tubuh terasa pegal. Hal ini wajar dan tidak perlu panik, pada saat hamil, pembuluh darah akan sedikit membesar. Hal ini menyebabkan tekanan darah mendadak turun yang menyebabkan pusing.

10. Perubahan Lendir Serviks

Cara yang paling mudah untuk mendeteksi awal kehamilan sebelum masa menstruasi yaitu dengan melihat lendir serviks (dinding rahim). Berbeda jika dibandingkan sebelumnya dalam kondisi normal. Pada wanita hamil, lendir yang dihasilkan lebih lembut dan kental.

11. Muncul Jerawat

Sejatinya, masa menstruasi bisa dikatakan juga sebagai ‘pembersihan’ tubuh pada wanita. Dengan tidak terjadinya haid, dan juga produksi hormon berlebih, wanita hamil seringkali mengalami masalah jerawat. Namun tenang, karena hal tersebut normal dan banyak yang mengalaminya juga.

Berapa Lama Telat Haid Dinyatakan Hamil

Perlu anda ketahui, ciri ciri wanita akan hamil sebelum telat haid diatas tidak bisa dijadikan patokan yang pasti. Untuk itu, anda harus melakukan tes kehamilan beberapa minggu setelah tidak datangnya masa siklus haid. Jika ada pertanyaan berapa lama seseorang dinyatakan hamil setelah telat masa haid? Jawabannya tidak pasti, satu hal yang pasti yaitu dengan pergi ke dokter atau bidan untuk melakukan tes kehamilan.

Solusi lain, anda juga bisa mengetes sendiri dengan alat tes kehamilan yang banyak tersedia di apotek. Waktu pengetesan lebih baik dilakukan setelah 7 sampai 10 hari setelah siklus haid tidak kunjung tiba. Sebagai contoh, terakhir anda mengalami masa haid pada tanggal 10 agustus, maka pengetesan bisa dilakukan pada tanggal 17 atau 20 september.

Cara tersebut terbilang efektif karena adakalanya wanita yang telat datang bulan dalam beberapa minggu. Dengan mengetahui ciri ciri hamil sebelum telat haid diatas, dan juga kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan, kami harap dapat membantu anda yang segera ingin membentuk keluarga besar bahagia. Bantuan yang dimaksud tidak lain yakni dengan menyediakan informasi yang tepat dan akurat.

Dan jangan lupa, bagi anda yang sedang mengandung. Untuk menjaga kesehatan diri ada baiknya anda mengkonsumsi asam folat untuk ibu hamil. Hal ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda saat mengandung. Selain itu makanan yang sehat saat hamil juga sangat penting untuk anda jaga agar kondisi tubuh tetap fit.

Itulah sederatan informasi yang akurat untuk anda yang dalam masa awal kehamilan. Semoga dapat menjawab semua rasa penasaran yang ada dalam kepala. Jangan lupa share dengan rekan-rekan anda ya. Sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Gejala Awal dan Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid yang Perlu Diketahui"