Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Konsumsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya

Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Asam Folat Untuk Ibu Hamil – Memiliki momongan adalah menjadi impian setiap insan yang telah berkeluarga. Dalam merawat anak, kita perlu memperhatikan secara seksama hal-hal yang terbaik untuk tumbuh kembang anak.

Ada banyak ragam metode dan Langkah-langkah yang telah diajarkan oleh beberapa ahli dalam membesarkan buah hati. Dan setiap ahli tersebut memiliki metode-metode yang berbeda beda.

Namun, tidak hanya anak yang perlu perhatian ekstra. Tetapi juga janin yang ada dalam kandungan serta ibu hamil juga membutuhkan nutrisi tambahan. Dalam hal ini, nutrisi tambahan yang akan kita bahas adalah asam folat untuk ibu hamil.

Asam Folat Adalah

Apakah yang dimaksud dengan asam folat ?. Sebelum kita membahasnya, perlu kamu ketahui terlebih dahulu sumbernya. Dalam sumber alami atau organic kita mengenal dengan yang Namanya vitamin B9. Yang mana vitamin B9 ini sangat baik untuk perkembangan janin dan ibu hamil.

Nama lain dari vitamin B9 ini adalah Folat. Pada dasarnya, Folat terdapat pada berbagai jenis makanan alami yang akan kita bahas selanjutnya. Namun, karena kecanggihan teknologi saat ini, untuk memudahkan para konsumen. Para ilmuwan menciptakan folat dalam bentuk sintetis.

Jadi kita tidak perlu bersusah payah untuk memakan semua makanan yang mengandung folat. Cukup kita meminum vitamin folat sintetis maka kebutuhan akan folat kita sudah terpenuhi.

Folat dalam bentuk sintetis inilah yang kita sebut dengan Asam Folat. Biasa dijual dalam bentuk vitamin tablet di toko-toko obat atau di apotik.

Manfaat Asam Folat dan Dampak Kekurangan Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Manfaat Asam Folat

Asam folat memiliki banyak sekali manfaat. Karena ia merupakan zat vitamin B kompleks yang larut dalam air. Maka juga sangat tubuh butuhkan untuk perkembangan jaringan tubuh dan pembentukan sel darah.

Manfaat asam folat bersifat multifungsi bagi tubuh. Zat ini mampu untuk membangun dan memulihkan tubuh dari kelelahan. Selain itu ianya juga dapat membantu pembentukan sel darah merah. Serta bisa membantu proses pembentukan DNA.

Bagi kamu yang sedang mengandung atau merancanakan kehamilan. Asam folat sangat penting untuk kamu konsumsi secara teratur. Sehingga mencegah hal-hal yang buruk terjadi pada kandungan dan janin kamu.

Kegunaan asam folat untuk ibu hamil sangan banyak. Memenuhi asupan ini akan sangat penting kamu lakukan. Simak ulasan berikut apa saja kegunaan asam folat untuk ibu hamil.

Asam folat dapat mencegah keguguran

Setiap wanita yang sedang hamil memiliki karakter kandungan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kandungan yang kuat, dan adapula yang memiliki kandungan yang rapuh.

Konsumsi asam folat secara teratur saat kehamilan mampu mencegah keguguran janin. Selain itu, zat ini juga dapat membantu tumbuh kembang janin sehingga tidak terlahir premature.

Untuk melakukan pencegahan itu, kamu perlu mengkonsumsi asam folat, dan juga tetap berkonsultasi kepada dokter kendungan.

Konsumsi asam folat secara rutin dapat mencegah cacat tabung saraf

Saat masa perkembangan janin, adalah saat saat yang sangat kritis. Pada saat seperti ini saraf-saraf pada otak janin dan sum-sum tulang belakang tumbuh dan berkembang.

Nyatanya, dengan konsumsi asam folat secara rutin dapat membantu tumbuh kembang tabung saraf kandungan. Janin yang memiliki gangguan tabung saraf akan sangat rentan sekali mengalami premature dan kegagalan tumbuh.

Asam folat yang kamu konsumsi terbukti dapat melindungi saraf-saraf yang tumbuh pada otak dan sum-sum tulang belakang janin. Jadi, jangan anggap remeh vitamin yang satu ini ya.

Turunkan resiko preeklamsia dengan asam folat

Banyak ahli kandungan berpendapat dan membuktikan bahwa, gangguan preeklamsia disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi seperti asam folat. Jika tidak segera ditangani gangguan preklamsia ini dapat membahayakan ibu dan janin.

Beberapa ciri-ciri dari gangguan ini adalah, meningkatnya tekanan darah saat kehamilan, Terjadinya pembengkakan pada kaki atau tangan dan wajah. Selain itu beberapa penelitian juga berpendapat bahwa meningkatnya protein pada urine juga ciri dari preeklamsia.

Jika terus dibiarkan, preeklamsia dapat menyebabkan bayi lahir dalam kondisi berat badan yang sangat kurang dan tidak sehat.

Hindari anemia saat hamil dengan asam folat

Jika kamu sering pusing dan merasa sakit kepala saat hamil, bisa jadi kamu kekurangan asupan asam folat. Pusing dan sakit kepala adalah salah satu gejala anemia atau kekurangan sel darah merah.

Saat kehamilan, biasanya terjadi anemia. Untuk mencegahnya para dokter kandunan biasanya meresapkan asam folat sebagai vitaminnya. Konsumsi asam folat secara teratur dapat mencegah anemi pada ibu hamil.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Selain dari kapsul sintetis. Zat folat juga dapat kamu temukan pada berbagai jenis makanan. Zat folat banyak ditemukan pada sayuran-sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Contoh sayuran yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan sumber folat adalah, asparagus, buah bit, brokoli, bayam, kentang. Selain itu sayuran yang berdaun hijau juga kaya akan folat.

Sementara itu jenis kacang-kacangan sumber folat misalnya adalah kacang polong, kacang merah, kedelai dan kacang hijau. Kacang-kacangan dapat kamu olah sebagai cemilan atau bubur yang nikmat.

Selain bahan makanan diatas, folat juga banyak terdapat pada buah-buahan. Sebagai contohnya adalah buah alpukat, buah jeruk, serta papaya.

Sumber hewani dari folat dapat kamu temukan pada hati sapi dan telur. Konsumsi lah makanan-makanan tersebut secara bergantian agar gizi yang kamu dapatkan seimbang.

Pada dasarnya makanan yang mengandung Asam Folat merupakan makanan yang sehat untuk ibu hamil. Karena mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk janin.

Vitamin Asam Folat

Ada banyak jenis vitamin asam folat yang beredar di pasaran. Mulai dari merek-merek terkenal hingga merek yang kurang terkenal. Adapun juga vitamin asam folat yang diimpor dari luar negeri dan juga produksi dalam negeri.

Pada dasarnya semua produk-produk tersebut berkualitas bagus. Namun kami menyarankan agar kamu berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk mendapatan vitamin asam folat. Agar sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter.

Aturan Minum Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Menurut beberapa ahli dan dokter kandungan. Aturan minum asam folat untuk ibu hamil telah diatur sedemikian rupa. 

Para ahli itu menganjurkan untuk mencukupi asupan asam folat sebanyak 600 mikrogram (mcg) setiap hari nya bagi ibu hamil. Namun ada pengecualian bagi ibu yang pernah melahirkan anak premature. Ibu ini di anjurkan untuk konsumsi asam folat sebanyak hingga 4.000 mikrogram (mcg) setiap harinya.

Untuk lebih jelasnya mengenai aturan minum asam folat untuk ibu hamil ini, kami menyarankan kamu sekali lagi untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter akan memeriksa kondisi kandungan kamu dan memberikan formula konsumsi asam folat yang paling tepat.

Demikian info mengenai asam folat untuk ibu hamil yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Baik sumber dari dalam negeri maupun luar negeri. Kami berharap kamu mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang mengganjal di fikiran kamu.

Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai asam folat untuk ibu hamil, kamu dapat menghubungi kami melalui form kontak kami.

Jangan lupa share artikel kesehatan kandungan ini kepada rekan-rekan kamu ya. Salam sehat.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Konsumsi Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya"